BISNIS ONLINE CARA MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE

, , No Comments
Jika Anda sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet, dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis. Pengguna YouTube sering menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor untuk menonton video-video unik dan menarik yang diunggah oleh para pengguna YouTube dari seluruh dunia. Situs ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang cukup populer.

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan. Dan memang benar, sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube, bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah ke YouTube.

1. Membuat Akun YouTube dan Saluran

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,


Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”.

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

 2. Mendaftar Google Adsense

Perlu diketahui, untuk menerima pembayaran penghasilan dari Youtube, Anda memerlukan akun Adsense yang dikaitkan dengan akun Youtube. Jadi, Anda harus membuat akun Adsense pada satu titik tertentu.

Google tidak akan menyuruh Anda segera membuat sebuah akun Adsense, kecuali perolehan pendapatan Anda telah mendekati ambang batas pembayaran, yaitu sebesar $100. Meskipun Anda belum memiliki akun Adsense, pendapatan Anda terus akan dihitung dan disimpan.

Selama Anda belum mengaitkan akun Adsense, maka laporan penghasilan belum lah muncul pada halaman Analytics. Jadi, sebagai penyemangat Anda bisa segera membuat sebuah akun Adsense kemudian ditautkan dengan akun Yotube Anda.

Pada bagian Bagaimana saya akan dibayar, klik link mengaitkan akun Adsense (lihat gambar di atas). Anda akan dibawa ke halaman pemberitahuan bahwa Anda akan mengaitkan akun Adsense, klik tombol Berikutnya.

Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman Google Adsense. Jika ingin menggunakan alamat email sama dengan yang digunakan untuk Youtube, klik tombol Ya, gunakan [alamat email Anda].

Anda masuk ke langkah kedua. Disini cuma konfirmasi untuk memastikan alamat saluran Youtube Anda. Klik Lanjutkan.


Masuk ke langkah ketiga. Lengkapi semua formulir dengan benar dan lengkap. Teliti sekali lagi sebelum menekan tombol Kirim permohonan saya.


Setelah ini, Anda akan kembali dialihkan ke Youtube. Tunggu beberapa waktu, maka Anda sudah memiliki akun Adsense yang terkait ke saluran Youtube Anda. Selesai. Sekarang Anda bisa melihat penghasilan dari hari ke hari.

3. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik (misalnya memancing), video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Catatan penting, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari. 

Masuklah ke halaman Pengelola video >> Upload. Centang video mana yang ingin dimonetisasi, klik Tindakan terus pilih monetisasi. Atau bisa juga langsung klik logo $ kecil di sebelah kanan video yang bersangkutan.



Tanda bahwa suatu video telah disetujui untuk dimonetisasi adalah logo $ berubah menjadi warna hijau seperti tampak pada gambar diatas.

4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:
  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook Instagram Twitter


 #bisnis #online #bisnisonline #business #businessonline #youtube

0 komentar:

Post a Comment